Langsung ke konten utama

Kenapa Pilih Universitas Airlangga?

Halo. Apa kabar? Gua Zahra Afifah. Nama panggilannya? Panggil aja Ara nanti juga nengok, ohh panggil 'sayang' juga boleh sih. Hehee.

Asal gua dari bekasi. Gua adalah salah satu dari jutaan murid kelas 12 SMA di Indonesia yang sekarang lagi pusing-pusingnya mikirin Masa Depan. Gua Kerja atau Kuliah yaa? Menurut lo gimana.

Sejujurnya hati nurani gua memilih untuk kuliah. Kenapa kuliah? Karena menurut gua. Kuliah itu wajib di Zaman Era Globalisasi ini. Kalo ga kuliah mau jadi apa gua di masa depan? Toh kalo gua liat di Media Massa banyak banget yang menyebutkan kalo sekarang banyak lulusan S1 yang menjadi pengangguran. Logikanya gini, yang S1 aja banyak yang pengangguran. Apalagi kalo cuma Jurusan SMA. Ya ga?

Bukan hanya itu alasan hati nurani gua memilih untuk kuliah. Ada lagi. Apa? Yaitu, gua pengen banget mengubah stratifikasi sosial keluarga gua menjadi vertikal naik. Tadinya orang tua gua hanya lulusan SMA dan gua sebagai anak ingin menjadi lebih baik lagi yaitu dengan menjadi Sarjana.

Dengan lulusan SMA. Bapak menjadi Tukang Ojek Online dan Emak menjadi Karyawan PT Swasta. Gaji mereka ga banyak tapi mencukupi. Dan ini menjadi alasan gua masih ragu ingin kuliah atau kerja. Kuliah itu biayanya cukup mahal dan gaji mereka hanya seberapa. Udah makan sama jajan pun syukur. Gua pernah nanya sama orang tua gua. Gua bilang "Mak. Boleh kuliah ga?" "Boleh. Tapi maap emak ga sanggup ngebiayain kuliah. Ara kerja dulu aja. Nanti kuliah sambil kerja" jawab emak gua.

Akhirnya gua menghadap ke guru Bimbingan Konseling. Wahh ternyataa ADA JALAN MENUJU ROMA. Hahaa.

Sekarang ada yang namanya Program bidikmisi yang bisa membantu siswa berprestasi yang kurang mampu, untuk Melanjutkan Kuliah. Gua seneng banget. Dan gua langsung mengambil formulir untuk SNMPTN. Gua memilih  Universitas Airlangga di Surabaya dengan prodi Sastra Jepang dan satu pilihan lagi adalah Universitas yang ada di Bandung dengan prodi yang sama.

Kalian mau tau ga kenapa gua memilih Universitas Airlangga sebagai Pilihan SNMPTN gua?
Oke gua kasih tau ke elu semua. Gua pilih Unair bukan karena gua cuma ikut-ikutan temen atau karena dia Universitas ter-famous okey. Gua pilih Unair karena Pertama, pure obsesi dan cinta pertama gua saat Searching google tentang Universitas-universitas negri. Karena Unair masuk dalam jajaran Universitas Terbaik. Dari pada Ter-famous, gua sih lebih milih Ter-baik. Ya intinya yang Ter-baik udah paket lengkap lah yaa Makanya gua Naksir. Eaak.
Alasan gua yang Kedua, Karena Unair punya banyak segudang prestasi itu berarti unair punya kredibilitas yang baik dong. Betul ga?
Dan yang Ketiga, Gua pernah baca tentang Ospek damai Unair dengan Slogannya "Excellent with Morality". Dari slogannya aja udeh kebayang kalo misalnya nanti gua ospek di unair. Aamiin. Gua pasti akan tenang karena ospeknya anti kekerasan dan pasti di jalanin-nya dengan moralitas yang tinggi dong. Aahh jadi mupeng kan.
Nah yang Keempat, adalah karena Dosen-dosennya yang ber-pengalaman. Udah pasti proses dan sistem pembelajaran-nya juga berkuliatas. Kalo gitukan ga diragukan lagi kalo Unair selalu menghasilkan Orang-orang yang ber-kualitas. Dan semoga aja nanti gua ter-masuk dalam salah satu orang-orang yang berkualitas itu.

Kalo lo gimana? Mau kuliah atau kerja? Mupeng ga kuliah di Universitas Airlangga?

Tanggal 5 Februari 2019 kemarin. Sekolah mengumum-kan siapa aja tuh yang lolos tahap pertama SNMPTN. Dan alhamdulillah gua Lolos SNMPTN tahap pertama. Gua bersyukur dan berharap bisa masuk Ke PTN yang gua inginkan. Dan semua tujuan gua ter-capai. Aamiin. Doakan ya!
Terima Kasih.

Zahra Afifah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenyang Bernutrisi Dengan Heavenly Blush Greek Yogurt

Padatnya aktifitas yang kita kerjakan setiap hari sering banget membuat kita lelah dan juga lapar. Pernah ga sih ngerasa laper di jam-jam nanggung? Aduh, parah sih. Padahal sebelum berangkat udah sarapan. Tapi, belum beberapa jam udah lapar lagi. Hufftt.. Pengen di tahan tapi laper. pengen makan tapi nanggung tinggal 2 jam lagi. Serba salah kan jadinya. solusinya sih cuma satu biar ga serba salah yaitu ngemil. Ya! Ngemil emang solusi yang tepat buat ganjel lapar. Ngomong-ngomong tentang ngemil. Cemilan yang kita makan untuk ganjal lapar itu, sehat ga sih untuk tubuh kita? Kalo di pikir pikir aktifitas kita udah melelahkan, seharusnya kita makan cemilan yang menambah energi, sehat dan juga mengenyangkan. Kalo rasanya enak tapi ga sehat dan kenyang, kaya-nya kita bisa rugi. Karena, mungkin kita akan jatuh sakit karena cemilan yang mengandung msg terlalu banyak ataupun pewarna sintetis untuk membuat cemilan itu terasa menarik dan lezat untuk kita konsumsi. Dari sini kita harus berp

Salah Siapa?

Ini salah siapa? Diriku atau Dunia? Apa Dunia memang sekejam ini? Padahal diriku sudah bertahan selama ini. Berkorban mati-matian untuk hidup yang kuinginkan. Tunggu! Haha. Ini konyol. Kenapa diriku bodoh sekali. Dunia Tidak salah.  Setelah sekian lama, dunia hanya tidak mau memberiku kesempatan. Diriku juga tidak salah. Karena diriku sudah melakukan Usaha Terbaik selama ini. Jadi, mungkin ini memang bukan jalan ku. Waktu yang berlalu itu hanya akan ku jadikan kenangan masa muda yang berharga. Sudah cukup untuk ku menyia-nyiakan waktu tanpa hasil yang jelas. Ini seperti cinta tak berbalas. Aku harus kembali pada realita yang ada. Walau begitu aku akan terus berusaha. Tapi mungkin, akan sedikit berbeda dari waktu itu. Mulai sekarang, aku akan berusaha. Bukan untuk melakukan 'apa yang ku ingin kan'. Tapi untuk melakukan 'apa yang bisa ku lakukan.